BRAND
MANAGEMENT
BRAND MANTRA
The Walt Disney Company
Leonsiana
Naro 1100959
MANAJEMEN
PEMASARAN PARIWISATA
MIND
MAPPING THEORY
![]() |
Michael D. Hutt & Thomas W.
Speh, 2008.
Bussines Marketing
Managemen b2b
eleventh edition
|
DEFENISI & KONSEP
Beberapa defenisi Brand
Mantra menurut para ahli :
Tujuan brand positioning untuk memberikan
fokus lebih lanjut mengenai bagaimana perusahaan berpikir tentang
merek yang akan di pasarkan kepada konsumen. Band, seringkali berguna untuk
menentukan mantra sebuah brand. Sebuah
brand mantra sangat terkait dengan konsep-konsep merek seperti
"merek esensi" atau "janji inti merek.
Merek
mantra (brand mantra) merupakan artikulasi dari "hati
dan jiwa“ sebuah brand, brand Mantra itu pendek hanya terdiri dari 3
sampai dengan lima kata yang mengandung esensi tak terbantahkan dan semangat
yang akan disampaikan dari sebuah brand (Kevin Lane Keller, 2009:
15.Brand Planning).
Brand Mantra : kata-kata pendek yang diringkas hanya
mencapai 3 sampai 5 kata, yang merupakan kekuatan dalam komunikasi
serta memiliki nilai inti suatu brand bagi perusahaan. Dengan memiliki
brand mantra yang kuat suatu perusahaan dapat mengembangkan dan dapat
membangun reputasi dari produk tersebut, sehingga menjadi perusahaan yang
sangat kredibel, sebagai contohnya beberapa perusahaan yang memiliki bran
Mantra yang cukup kuat diantaranya; (FedEx-
Overnight Delivery Guaranteed, DuPont-the miracle of science),dan
lain-lain. (Michael D. Hutt & Thomas W. Speh, (2008:177). Bussines
Marketing Managemen b2b eleventh edition)
Brand mantra disebut juga sebagai esensi merek atau janji
dari sebuah merek /brand, sebuah brand mantra itu pendek ( biasanya
maksimum 2 -5 kata ) yang dirangkum dari refensi produk, inti perbedaan, dan
inti dari keseimbangan, dan apapun yang terdapat dalam sebuah merek, menjadi
satu.
Brand Mantra bukanlah slogan iklan atau tagline, brand
mantra yang kuat dapat merubah menjadi patokan untuk terus mengembangkan produk
dari merek tersebut, karena bgian proses pemurnian sebuah mantra tidak mudah
untuk menjadi mantra yang kuat dan luar biasa bagi sebuah merek/brand. Brand
Mantra = The Queen of Positioning (Chris Grams, 2011:31. The AD-Free
Brand)
Brand mantra harus pendek dan manis karena nama merek singkat
pasti memberikan awal yang kompetitif dan baik untuk merek diluncurkan dan
dapat menguntungkan perusahaan. Secara entimologis Brand Mantra selalu
Mudah diucapkan. (Jagdeep Kapoor, 2009.24 Brand Mantras).
![]() |
Michael D. Hutt & Thomas W.
Speh, 2008. Bussines Marketing Managemen b2b eleventh edition
|
Mantra
WALT DISNEY:
1. FAMILLY FUN/
BAHAGIA BERSAMA KELUARGA
2.
ENTERTAINING/HIBURAN
3. MAGICAL/ KEAJAIBAN
4.
WHOLESOME
FOCUS BRAND MANTRA The Walt Disney Company:
1.
Creative and imaginative ( kreatif dan imajinatif)
2.
Happy, Cheerful, Magical ( bahagia, riang gembira, dan ajaib )
3.
Lively, Energetic, and Young at heart ( lincah, semangat, dan berjiwa muda )
BRAND
MANTRA The Walt Disney Company
"Fun Family Entertainment"
Disney mengklaim dapat selalu
memliki kekuatan untuk membuat setiap orang yang
datang untuk berkunjung merasa seperti muda dan sama
seperti anak-anak yang berumur 10 tahun.
KASUS
Walt Disney
Pengembangan Walt
Disney sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan yang luar biasa melalui
lisensi dan pengembangan produk selama pertengahan 1980-an. Pada
akhir 1980, Disney menjadi khawatir bahwa beberapa karakter nya (Mickey
Mouse, Donal Bebek, dll) yang digunakan tidak tepat dan menjadi
overexposed.
Untuk menyelidiki keparahan
masalah, Disney melakukan audit merek yang luas. Sebagai bagian
dari persediaan merek, pertama kali menyusun daftar dari semua produk Disney
yang tersedia (berlisensi dan perusahaan diproduksi) dan semua pihak
ketiga promosi (lengkap dengan point-of-pembelian menampilkan dan
merchandise yang relevan) dari toko di seluruh negeri dan di seluruh
dunia. Pada saat yang sama, Disney meluncurkan sebuah studi riset
konsumen utama - sebuah eksplorasi merek – untuk menyelidiki bagaimana
yang konsumen rasakan tentang produk Disney.
Hasil inventarisasi brand mengungkapkan
beberapa masalah yang berpotensi serius:
Karakter Disney berada begitu banyak
produk yang dipasarkan dalam begitu banyak cara beberapa kasus itu sulit
untuk membedakan apa yang bisa menjadi alasan di balik kesepakatan untuk
memulai, Penelitian yang dilakukan terhadap konsumen menambah
kekhawatiran Disney. Karena dari eksposur dari
karakter yang luas di pasar, banyak konsumen telah mulai merasa bahwa
Disney mengeksploitasi namanya.
banyak-produk-produk yang memaikai
karakter disney, Karena upaya pemasaran yang agresif mereka, Disney telah
menulis kontrak dengan banyak dari "peserta park" untuk
co-promosi atau pengaturan perizinan.
Disney pelajari dalam studi konsumen,
bagaimanapun bahwa konsumen tidak tidak membedakan antara semua dukungan
produk. "Disney adalah Disney" kepada konsumen, apakah
mereka melihat karakter dalam film, catatan, taman tema, atau produk
konsumen. Akibatnya, semua produk dan jasa yang menggunakan
Disney nama atau karakter berdampak pada brand equity
Disney. Konsumen dilaporkan bahwa mereka membenci beberapa dukungan
ini karena mereka merasa bahwa mereka memiliki khusus, hubungan pribadi
dengan karakter dan dengan Disney yang seharusnya tidak ditangani begitu
sembarangan.
IMPLEMENTASI KASUS
Implementasi kasus dari Model Konsep
Bussines to Brand.
Secara umum pengimplementasian dari
walt disney dapat dijabarkan dalam berikut ini:
Bussines to Brand
1. Brand Awarness
Memunginkan sutu brand agar dapat
sukses dengan menbangun brand korporasi Walt Disney, mengembangan
citra produk lebih baik dengan citranya yaitu;
2.
Brand Mantra
Pengembangan Mantra yang dilaukan dari
Walt Disney yaitu Mantra yang diterapkan oleh walt disney
sangat kuat yakni: “ its Magical, dan Penerapan nama Mantra
pada Disneyland yaitu “Fun Family Entertaintment"
3.
Brand Attitide
Walt Disney juga menerapkan pola-pola pengajaran atau wahana bermain
yang sehat bagi semua pengunjung, seperti yang terlulis dalam salah satu
brand mantranya yakni “WHOLESOME”.
DAFTAR PUSTAKA
Michael D. Hutt & Thomas W. Speh,
2008. Bussines Marketing Managemen b2b eleventh edition
Kevin Lane Keller, 2009: 15.Brand
Planning
Jagdeep Kapoor, 2009.24 Brand Mantras
Komentar
Posting Komentar